Apa itu WhatsApp?

Meskipun tidak ada yang salah dengan menggunakan pesan teks dan panggilan telepon untuk tetap berhubungan, banyak orang sekarang menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan. Ini adalah cara mudah untuk tetap terhubung dengan orang-orang terkasih dan mengirim serta menerima foto dan video, untuk informasi lebih lengkapnya di Berita Tutorial Terbaru.

Di mana saya mendapatkan WhatsApp?

Anda dapat mengunduh WhatsApp ke ponsel cerdas Anda. Jika Anda memiliki iPhone atau iPad, maka Anda harus menggunakan App Store, dan jika Anda memiliki ponsel atau tablet Android maka itu adalah Play Store. Tidak ada biaya apa pun untuk mengunduh WhatsApp.

Apakah WhatsApp gratis?

WhatsApp gratis untuk diunduh dari App Store atau Play Store. Ini menggunakan koneksi internet ponsel Anda dan memungkinkan Anda mengirim pesan, gambar, dan video tanpa batas, jadi Anda tidak perlu khawatir menghabiskan kuota teks atau panggilan yang dialokasikan.

Namun, Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan jika melebihi kuota data, jadi sebaiknya sambungkan ke Wi-Fi jika Anda menggunakan WhatsApp untuk hal-hal yang menggunakan banyak data, seperti panggilan video atau mengunduh video.

Anda dapat memeriksa berapa banyak data yang Anda gunakan melalui WhatsApp:

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp?

WhatsApp mudah digunakan setelah Anda menguasainya. Ini adalah aplikasi perpesanan, jadi cara kerjanya mirip dengan mengirim pesan teks. Video ini menunjukkan cara memulai WhatsApp, termasuk cara menambahkan kontak dari ponsel.

Cara mengirim pesan di WhatsApp:

  1. Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Klik tab obrolan.
  3. Ketuk lingkaran hijau dengan ikon perpesanan di kanan bawah layar Anda.
  4. Pilih kontak dari daftar Anda atau klik ikon kaca pembesar dan ketik nama orang yang ingin Anda kirimi pesan.
  5. Mulai mengobrol! Pesan yang Anda kirim muncul dengan latar belakang hijau dan setelah orang yang Anda ajak ngobrol melihat pesan, dua tanda centang biru akan muncul di sebelahnya.
  6. Pesan yang Anda terima akan memiliki latar belakang abu-abu di sisi kiri layar Anda.

Ada fitur tambahan yang bisa Anda gunakan, seperti mengirim foto:

  1. Buka percakapan dengan orang yang ingin Anda kirimi foto.
  2. Kirim gambar yang sudah Anda ambil dengan mengetuk ikon penjepit kertas, lalu galeri, dan memilih foto.
  3. Atau Anda dapat mengetuk ikon kamera, yang memungkinkan Anda mengambil foto dan mengirimkannya segera.

Berbagi foto bisa menjadi cara yang bagus untuk merasa lebih dekat dengan orang lain, bahkan saat Anda tidak bisa bertemu.

Bisakah saya melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp?

Anda juga dapat menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan telepon. Menggunakan WhatsApp berarti Anda tidak menggunakan menit yang dialokasikan dalam kontrak telepon Anda, dan karena menggunakan internet, Anda bahkan dapat menelepon orang yang tinggal di luar negeri tanpa biaya tambahan.

Cara melakukan panggilan telepon:

  1. Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Klik tab panggilan.
  3. Tekan ikon hijau yang menunjukkan telepon dengan simbol plus di sebelahnya.
  4. Pilih kontak dari daftar Anda untuk menelepon atau klik ikon kaca pembesar dan ketik nama orang yang ingin Anda panggil.
  5. Klik simbol yang terlihat seperti telepon di sebelah nama mereka untuk mulai menelepon.
  6. Untuk mengakhiri panggilan, cukup klik ikon telepon berwarna merah.

Ingat : Pastikan Anda terhubung ke jaringan internet nirkabel (Wi-Fi) sebelum melakukan panggilan telepon, jika tidak, Anda mungkin dikenakan biaya tambahan dari jaringan ponsel Anda jika Anda tidak terhubung ke Wi-Fi.

Bisakah saya melakukan panggilan video melalui WhatsApp?

Panggilan video bisa menjadi cara yang lebih baik untuk mengobrol dengan orang lain daripada sekadar panggilan telepon, karena ini memungkinkan Anda melihat orang yang Anda ajak bicara, dan mereka melihat Anda.

Cara melakukan panggilan video di WhatsApp:

  1. Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Klik tab panggilan.
  3. Tekan ikon yang menunjukkan telepon dengan simbol plus di sebelahnya.
  4. Klik ikon kaca pembesar berwarna hijau dan ketik nama orang yang ingin Anda panggil.
  5. Klik simbol yang terlihat seperti kamera di samping namanya untuk memulai panggilan video.
  6. Anda dapat menambahkan hingga empat orang lain ke dalam panggilan video untuk mengubahnya menjadi obrolan grup. Selama panggilan video, klik ikon tambahkan peserta dan telusuri nama mereka untuk menambahkannya.
  7. Untuk mengakhiri panggilan, cukup klik ikon telepon berwarna merah.

Ingat : Pastikan Anda terhubung ke jaringan internet nirkabel (Wi-Fi) sebelum melakukan panggilan video. Panggilan video menggunakan banyak data dan dapat mengakibatkan biaya tambahan dari jaringan ponsel Anda jika Anda tidak terhubung ke Wi-Fi, untuk lebih lengkpanya di Teknosional.

Apa itu grup WhatsApp?

Anda dapat mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus dalam grup WhatsApp. Ini sangat berguna jika Anda ingin mengobrol dengan beberapa anggota keluarga, tetangga, atau anggota klub atau grup.

Seseorang yang Anda kenal mungkin menambahkan Anda ke grup WhatsApp jika mereka memiliki nomor Anda, atau Anda dapat mengatur grup Anda sendiri:

  1. Ketuk lingkaran hijau dengan ikon perpesanan di kanan bawah layar Anda.
  2. Klik grup baru.
  3. Pilih peserta dari daftar kontak Anda.
  4. Tambahkan nama untuk grup.
  5. Anda bahkan dapat memilih gambar untuk grup dengan mengetuk ikon kamera.
  6. Mulai mengobrol! Semua orang dalam grup akan dikirimi pesan sekaligus.

Apakah WhatsApp aman?

Pesan dan panggilan Anda secara otomatis dilindungi oleh sesuatu yang disebut ‘enkripsi ujung ke ujung’. Artinya hanya Anda dan orang yang Anda ajak ngobrol yang dapat membaca apa yang dikirim.

Tetapi seperti semua yang online, ada risiko yang harus diwaspadai, termasuk penipuan, virus, dan informasi yang salah. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman menggunakan WhatsApp:

  • Hanya pesan orang yang Anda kenal . Siapa pun yang mengetahui nomor Anda dapat mengirimi Anda pesan atau menambahkan Anda ke grup WhatsApp, jadi pastikan Anda mengenal dan memercayai mereka sebelum mengobrol dengan mereka.
  • Jangan mengklik tautan atau mengunduh file yang dikirim dari orang yang bukan kontak . Ini dapat berisi virus atau membawa Anda ke situs web palsu yang dibuat oleh scammers untuk mendapatkan informasi pribadi atau keuangan Anda.
  • Carilah informasi yang salah . Klaim palsu atau cerita palsu dapat menyebar dengan mudah secara online. WhatsApp telah membuat daftar tips untuk membatasi penyebaran rumor atau berita palsu.
  • Pastikan Anda menggunakan versi terbaru . Cari tahu cara memeriksa ini dan mengunduh pembaruan apa pun ke WhatsApp di panduan kami tentang mengunduh aplikasi.

Leave a Comment